Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mampu menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat.
Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)
Ruang Kolaborasi memberikan
ruang perjumpaan bagi Anda untuk berkolaborasi sesama CGP dalam menemukenali
nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan
karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat untuk
menebalkan laku murid dan menuntun kekuatan kodrat murid yang dapat
diimplementasikan pada konteks lokal (budaya) daerah asal Anda. Hasil
kolaborasi dalam menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya menjadi dasar
pengetahuan dan pengalaman baru dalam merefleksikan pemikiran Ki Hadjar
Dewantara dalam mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid.
Anda bekerja dalam kelompok yang terdiri
dari 5 orang untuk mengeksplorasi nilai-nilai luhur sosial
budaya di daerah asal Anda dalam upaya menebalkan konteks diri (kekuatan
kodrat) murid sebagai manusia dan anggota masyarakat. Indonesia memiliki
keberagaman sosial budaya yang dapat menjadi kekuatan.
Instruksi penugasan
kelompok
- Anda
membentuk sesuai dengan jumlah CGP yang diampu oleh Fasilitator.
- Masing-masing
kelompok ditugaskan untuk mendiskusikan
1.
Apa kekuatan konteks sosio-kultural di daerah Anda yang sejalan
dengan pemikiran KHD?
Menurut Ki Hadjar
Dewantara, salah satu kodrat anak adalah bermain. Bermain dapat menumbuhkan
pikiran, perasaan, kemauan, dan tenaga ⟮cipta, rasa, karsa/karya, dan pekerti
pada anak. Sehingga permainan dapat digunakan sebagai salah satu bagian dalam
pembelajaran di sekolah. Aplikasinya dalam pendidikan saat ini adalah
menerapkan permainan dalam pembelajaran, seperti congklak, gobak sodor,
tebak-tebakan, dan kuis
2.
Bagaimana pemikiran KHD dapat dikontekstualkan sesuaikan dengan
nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai
individu sekaligus sebagai anggota masyarakat pada konteks lokal sosial budaya
di daerah Anda?
Kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakat siswa yang dilakukan di bawah bimbingan guru/pelatih/melibatkan orang tua dan masyarakat seperti kegiatan keagamaan, pramuka, PMR, paskibra, kesenian, bahasa dan sastra, KIR, jurnalistik, olahraga, dsb.
Selain itu ada pula
kegiatan non-kurikuler dan pembiasaan pendidikan karakter di sekolah seperti
memulai hari dengan upacara bendera (Senin), apel, menyanyikan lagu Indonesia
Raya, lagu nasional, dan berdoa bersama. Membaca buku-buku non-pelajaran
tentang PBP, cerita rakyat yang dilakukan 15 menit sebelum memulai
pembelajaran.
Untuk kegiatan yang
terakhir ialah kegiatan pendidikan karakter bersama orang tua di rumah, yang
dilakukan pada sabtu-minggu. Yaitu saat siswa berinteraksi dengan orang tua dan
lingkungan dan sesama.
3.
Sepakati satu kekuatan pemikiran KHD yang menebalkan laku murid
di kelas atau sekolah Anda sesuai dengan konteks lokal sosial budaya di daerah
Anda yang dapat diterapkan.
Pendidikan karakter dan Pekerti yang harus tanamkan pada siswa. Pelaksanaan pendidikan Karakter dan Budi pekerti tidak hanya sebatas praktek di sekolah tetapi juga di rumah. Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk memperkuat Cipta, Rasa, Karsa Siswa agar nantinya dapat menjadi manusia Indonesia yang unggul dalam prestasi berkakter budi pekerti yang mulia. Mengajak siswa untuk belajar diluar kelas dengan menfaatkan lingkungan sekitar untuk menggali kodrat alam dan zaman siswa sambil berkolaborasi dengan guru Penjaskes, juga masyarakat sekita sehingga siswa tidak merasakan kejenuhan. Mengasah rasa sosial siswa dengan melaksanakan kegiatan Jumat Amal untuk menyantuni anak yatim piatu di lingkungan sekolah.
- Tenggat waktu akan diumumkan di LMS.
Silahkan klik tombol Enter the room untuk
mengikuti tatap muka virtual.
- https://docs.google.com/presentation/d/1BhnBR_DbOSfLFDS_sWuwUjlT6JN_thta/edit#slide=id.p9
- https://jamboard.google.com/d/1C3OhTNbD77vr-pNbNsExjSBZ6xx3PwVWz44aLySrdPY/viewer?f=2
- https://docs.google.com/presentation/d/1BhnBR_DbOSfLFDS_sWuwUjlT6JN_thta/edit?usp=sharing&ouid=100504312892814056524&rtpof=true&sd=true
0 comments:
Post a Comment