1.1.A. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara
1.1.a.2. Pendahuluan - Modul 1.1
Surat dari Instruktur
Selamat datang
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)
Selamat! Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak (CGP) telah bersedia
menyediakan waktu untuk menjadi bagian dari Program Pendidikan Guru Penggerak
(PPGP). Program pendidikan ini merupakan wujud komitmen Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan (Kemendikbud) berkolaborasi dengan berbagai pihak pemangku
kepentingan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi murid-murid
Indonesia. Melalui individu-individu yang proaktif dan memiliki kepedulian
terhadap kemajuan dan mutu pendidikan di Indonesia, maka dibentuklah program
pendidikan guru penggerak.
Selama beberapa bulan ke depan Anda akan diajak untuk
mempertajam keterampilan kepemimpinan Anda, menggali lebih dalam tentang jati
diri Anda, mengasah berbagai keterampilan manajemen sekolah serta memperkaya
dan menunjang sumber daya manusia yang berkualitas dan mumpuni. Semua kegiatan
ini akan dilakukan melalui pelatihan daring (dalam jaringan) maupun tatap muka
dengan pemodelan pelatihan yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan
kualitas proses dan hasil belajar peserta didik/pelatihan.
Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara
menjadi titik awal Anda menjadi agen perubahan dan pemimpin pembelajaran dalam
transformasi pendidikan di sekolah. Pada Modul 1.1. ini, kita akan membahas
lebih mendalam, dan mendemonstrasikan konsep pemikiran-pemikiran filosofis Ki
Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan penerapan pendidikan abad ke-21 pada
konteks lokal (nilai-nilai luhur sosial-budaya) di tempat asal; serta bersikap
reflektif kritis terhadap pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara dan
relevansinya terhadap konteks pendidikan di daerah asal Anda.
Pada akhirnya kami harapkan Anda akan menikmati proses perjalanan
pembelajaran, menjadi seorang pemimpin pembelajar yang berkualitas dan mandiri.
Semoga waktu dan energi yang telah Anda investasikan akan dipergunakan
sebaik-baiknya dan tentunya bermanfaat untuk diri sendiri dan orang
banyak.
Teruslah bertanya, teruslah menggali dan teruslah belajar!
Salam,
Pengembang Modul
1.1
Selamat datang
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)
Selamat! Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak (CGP) telah bersedia
menyediakan waktu untuk menjadi bagian dari Program Pendidikan Guru Penggerak
(PPGP). Program pendidikan ini merupakan wujud komitmen Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan (Kemendikbud) berkolaborasi dengan berbagai pihak pemangku
kepentingan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi murid-murid
Indonesia. Melalui individu-individu yang proaktif dan memiliki kepedulian
terhadap kemajuan dan mutu pendidikan di Indonesia, maka dibentuklah program
pendidikan guru penggerak.
Selama beberapa bulan ke depan Anda akan diajak untuk
mempertajam keterampilan kepemimpinan Anda, menggali lebih dalam tentang jati
diri Anda, mengasah berbagai keterampilan manajemen sekolah serta memperkaya
dan menunjang sumber daya manusia yang berkualitas dan mumpuni. Semua kegiatan
ini akan dilakukan melalui pelatihan daring (dalam jaringan) maupun tatap muka
dengan pemodelan pelatihan yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan
kualitas proses dan hasil belajar peserta didik/pelatihan.
Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara
menjadi titik awal Anda menjadi agen perubahan dan pemimpin pembelajaran dalam
transformasi pendidikan di sekolah. Pada Modul 1.1. ini, kita akan membahas
lebih mendalam, dan mendemonstrasikan konsep pemikiran-pemikiran filosofis Ki
Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan penerapan pendidikan abad ke-21 pada
konteks lokal (nilai-nilai luhur sosial-budaya) di tempat asal; serta bersikap
reflektif kritis terhadap pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara dan
relevansinya terhadap konteks pendidikan di daerah asal Anda.
Pada akhirnya kami harapkan Anda akan menikmati proses perjalanan
pembelajaran, menjadi seorang pemimpin pembelajar yang berkualitas dan mandiri.
Semoga waktu dan energi yang telah Anda investasikan akan dipergunakan
sebaik-baiknya dan tentunya bermanfaat untuk diri sendiri dan orang
banyak.
Teruslah bertanya, teruslah menggali dan teruslah belajar!
Salam,
Pengembang Modul
1.1
1.1.a.2. Pendahuluan - Modul 1.1
Kompetensi Lulusan yang Dituju
Modul ini
diharapkan berkontribusi untuk mencapai kompetensi lulusan sebagai berikut:
- Guru Penggerak memahami
peran dan alasan menjadi pemimpin pembelajaran.
- Guru Penggerak, melalui
refleksi diri yang terdokumentasi, mampu secara reguler mengidentifikasi
kebutuhan peningkatan kompetensi dan kematangan diri demi mendukung
pembelajaran murid.
1.1.a.2. Pendahuluan - Modul 1.1
Capaian Umum
Secara umum,
capaian modul ini adalah:
- CGP mampu memahami
pemikiran filosofis pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan melakukan
refleksi-kritis atas korelasi pemikiran-pemikiran tersebut dengan konteks
pendidikan lokal dan nasional pada saat ini.
- CGP mampu mengambil
pembelajaran dari pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara untuk diterapkan
sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah
sebagai pusat pengembangan karakter.
1.1.a.2. Pendahuluan - Modul 1.1
Capaian Khusus
Secara khusus,
modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk mampu memiliki:
- Pengetahuan tentang
dasar-dasar Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD),
- Keterampilan mengelola
pembelajaran yang berpihak pada murid pada konteks lokal kelas dan
sekolah,
- Sikap reflektif-kritis
dalam menerapkan pembelajaran yang merefleksikan dasar-dasar Pendidikan
KHD dalam menuntun murid mencapai kekuatan kodratnya.
1.1.a.2.
Pendahuluan - Modul 1.1
Alur
Belajar MERRDEKA
Mulai dari Diri
Kegiatan
pembelajaran pemantik:
1.
CGP memberikan
jawaban reflektif-kritis untuk mengetahui pemahaman diri tentang pemikiran
(filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara,
2.
CGP membuat
refleksi diri tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara.
Eksplorasi Konsep
Mandiri
1.
CGP menyimak video
tentang pendidikan di Indonesia dari zaman kolonial dan menjawab
pertanyaan-pertanyaan panduan;
2.
CGP menyimak
video-video tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara;
3. CGP membaca 2 (dua) tulisan karya Ki Hadjar Dewantara.
Forum Diskusi
1.
CGP mendiskusikan
pertanyaan reflektif terkait pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar
Dewantara dan relevansinya dengan pendidikan Indonesia saat ini dan pendidikan
pada konteks lokal sosial budaya di daerah asal CGP yang difasilitasi oleh
Fasilitator
2.
CGP berbagi
pengalaman praktik baik penerapan pemikiran filosofis Pendidikan KHD pada
konteks lokal sosial budaya di daerahnya.
Ruang Kolaborasi
CGP
mengeksplorasi (memaknai dan menghayati) nilai-nilai luhur sosial budaya di
daerah asal dalam menguatkan dan menebalkan Konteks (kodrat) Diri Murid sebagai
manusia dan anggota masyarakat.
Demonstrasi KontekstualCGP mendesain strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD - 'Pendidikan yang Berpihak pada Murid' - sesuai dengan Konteks Diri Murid dan Sosial Budaya di daerah asal (kar2ya demonstrasi kontekstual dalam video, atau infografis atau puisi atau lagu, dll).
Elaborasi PemahamanCGP mendapatkan penguatan pemahaman tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara dari Instruktur.
Koneksi Antar MateriCGP membuat kesimpulan dalam bentuk esai atau jurnal reflektif tentang ‘Pendidikan yang Berpihak pada Murid’ dengan merefleksikan seluruh rangkaian materi yang sudah dipelajari dari pemikiran-pemikiran KHD dan praktik baik yang telah dilakukan di sekolah-sekolah saat ‘Elaborasi Pemahaman’.
Aksi NyataCGP mengimplementasikan strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD yang telah dibuat pada ‘Demonstrasi Kontekstual’ secara konkret sebagai perwujudan 'Kepemimpinan Pembelajaran' yang Berpihak pada Murid' dan direfleksikan kembali dalam Jurnal Refleksi Pribadi.
0 comments:
Post a Comment